Sambutan Ketua Dewan Pembina

Rate this item
(1 Vote)

Mirza Adityaswara 2Hal yang paling mendasar yang membedakan program beasiswa yang diselenggarakan oleh Yayasan karya Salemba Empat dengan program beasiswa lainnya adalah persyaratan untuk mendapatkan beasiswa.  Program beasiswa yang sejak awal kami berikan dititik beratkan atau diprioritaskan bagi para mahasiswa yang mengalami kesulitan dibidang finansial.

Dua Puluh Satu tahun yang lalu, para pendiri Yayasan Karya Salemba Empat bersepakat bahwa prioritas pemberian beasiswa adalah untuk para mahasiswa yang membutuhkan bantuan finansial untuk menyelesaikan studinya, karena bagi mahasiswa yang memiliki prestasi akademik yang baik dengan mudah akan mendapatkan beasiswa. Sampai saat inipun kami masih memiliki keyakinan yang kuat bahwa semua mahasiswa yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri merupakan mahasiswa yang terpilih, hanya dikarena harus memenuhi kebutuhan hidupnya membuat mahasiswa kurang fokus dalam studi sehingga menyebabkan prestasi akademiknya agak berkurang dibanding rekan-rekannya yang lain.

Berdasarkan data statistik yang kami miliki, sebanyak 85% setelah mengikuti program beasiswa yang kami selenggarakan mengalami peningkatan prestasi akademik, sebagian yang tidak mengalami peningkatan dikarena sejak menjadi peserta program beasiswa mahasiswa tersebut sudah memiliki indeks prestasi yang sudah tinggi sehingga sulit untuk ditingkatkan lagi. Bahkan sudah 3 tahun ini, Yayasan Karya Salemba Empat memiliki program pembinaan khusus bagi para penerima beasiswa yang memiliki indeks prestasi <  2,00 dapat meningkat indeks prestasinya minimal menjadi 3,00.

Dari data yang diungkapkan oleh Dirjen DIKTI bahwa program beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah dan masyarakat lainnya masih jauh dari dari mencukupi dan dengan adanya data di Yayasan Karya Salemba Empat bahwa kami setiap tahun hanya dapat memberikan beasiswa sebanyak 11,5% dari total pelamar beasiswa di Perguruan Tinggi negeri Mitra menambah semangat kami untuk terus memberikan kontribusi bagi negeri ini melalui jalur pemberian beasiswa.

Cita-cita kami untuk memberikan beasiswa kepada 10.000 mahasiswa setiap tahunnya tidaklah luncur, namun demikian tanpa dukungan Para Donatur dan Alumni KSE sulit rasanya bagi Yayasan Karya Salemba Empat dapat memberikan kontribusi terbaik bagi Ibu Pertiwi.

Salam

Mirza Adityaswara

Ketua Dewan Pembina

Chairman of the Board of Trustees   

Read 7815 times Last modified on Friday, 17 June 2016 14:33