Notice
  • Simple Image Gallery Notice: Joomla!'s /cache folder is not writable. Please correct this folder's permissions, clear your site's cache and retry.

UNDANA LEADERSHIP CAMP I dan Tatap Muka penerima beasiswa KSE

Rate this item
(1 Vote)

undana1

Sekolah Lapangan Nekamese, Kupang NTT 27-30 November 2014

Kegiatan ini berangkat dari kepedulian KSE terhadap rekan-rekan penerima beasiswa wilayah timur dan semangat untuk mengembangkan Sharing Networking dan Developing untuk meningkatkan kecerdasan generasi penerus bangsa. Kamis sore 27 November, 55 penerima beasiswa KSE Universitas Nusa Cendana tiba di Sekolah Lapangan Nekamese. Setiba ditempat para peserta dbreefing oleh officer mengenai kegiatan Leadersip Camp ini. Para pelatih dan officer memberikan pengarahan serta target yang diinginkan dari pelatihan ini. Selain itu Hengky Poerwowidagdo selaku Chief Operating Officer KSE memberikan penjelasan mengenai program unggulan KSE yakni Technologi For Indonesia (TFI) dan Social Entrepreneur (SEC) kepada penerima beasiswa KSE UNDANA, program ini merupakan salah satu program unggulan KSE yang sedang digalakan kepada seluruh penerima beasiswa KSE.


Hari kedua, Jum’at 28 November 2014, Hari Subagya yakni trainer senior People Develope People memebrikan materi kepada peserta tentang “Perubahan menuju Efektif dan Kesuksesan”. Peserta diberikan motivasi dan diajak untuk menggali kemampuan dasarnya serta membangun harapan-harapan. Sebagai bentuk apresiasi dan hukuman, peserta diberikan pita biru dan merah yang harus dikenakan sampai akhir acara, para peserta dibagi dalam beberapa kelompok dan ditunjuk leader dalam setiap kelompok, leader bertanggungjawab atas performa anggota kelompoknya. Sangat menarik, dengan cara tersebut peserta terpacu untuk aktif dan menjadi yang terbaik dalamn setiap sesi, selain itu peserta juga distimulasi untuk menjadi insan yang mudah terinspirasi hal positif. Dengan demikian peserta terarah untuk keluar dari zona nyaman, mental block, emosi negatife, blaming, masa lalu yang kelam, khawatir akan citra diri dan ketakutan akan masa depan.

Sesi selanjutnya adalah “Fondasi mentalitas Efektif” pada sesi ini peserta diarahkan untuk membuka mental block, menjadi insan yang pandai bersyukur. Mudah bukanlah sebuah pilihan, peserta diajarkan untuk terus melatih diri dan berinteraksi menebar kebaikan. Selain itu, peserta diajarkan juga bahwa untuk menjadi seorang leader harus bisa melihat sesuatu yang masih samar dan melihat yang belum jelas.

Menindaklanjuti sasaran dari kegiatan ini, selanjutnya Cahyana Puthut Wijanarka fouder People Develope People, memberikan materi tentang “Communication Skill. Tujuannya adalah supaya peseta dapat berkomunikasi dengan baik, bisa menyampaikan gagasan-gagasan sevcara terstruktur. Hal yang menarik disini adalah bahwa beberapa hal dapat dilihat dari berbagai sudut pandang dan dapat disajikan ulang sesuai dengan bidang masing-masing insan yang menceritakan tersebut.

Malam hari, treasurer KSE Ami Tantri memberikan materi tentang kecerdasan emosional. Disini peserta diarahkan untuk cerdas dalam memilih dan memilah emosi, menghadapi situasi- situasi sulit dan mengambil keputusan. Beberapa permainan antara lain seperti menggambar dan mendiskripsikan gambar bertujuan untuk mengekspresikan diri kepada orang lain, saling bertukar sepatu dan mendiskripsikan teman melalui sepatu yang dipakai, hal ini bertujuan untuk membuat para peserta lebih dekat dan mengenali emosi dan karakter satu sama lain.

Sabtu, 29 November 2014 sebagai bentuk kegiatan untuk mepererat hubungan antara KSE, Donatur dan civitas akademika KSE UNDANA, diadakan tatap muka di aula Sekolah Lapangan Nekamese. Pada kesempatan ini hadir ketua Dewan Pembina KSE yang merupakan juga Deputi Gubernur Senior BI Mirza Aditya Swara beserta Jajaran, Head Costumer and Retail Banking PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Anak Agung Gede Putra dan juga pembantu rektor I bidang akademik Universitas Nusa Cendana  Dr. David B.W. Pandie, MS.

Acara yang ditunggu-tunggu yaitu talkshow dengan nara sumber dua buah instutusi perbankan besar yakni Bank Indonesia dan  PT. Bank Negara Indonesia, Tbk serta civitas akademika Universitas Nusa Cendana. Sesuai dengan tema Tatap Muka kali ini yaitu “Sharing Networking Developing Untuk Menigkatkan Prestasi Mahasiswa”. Mirza Adityaswara deputi gubernur senior BI yang juga sekaligus ketua dewan pembina KSE menyampaikan bahwa “yang membuat  beberapa negara berkembang maju adalah sumber daya manusia, bukan SDAnya”. Beliau juga memaparkan awal mula berdirinya KSE sampai sebesar sekarang ini, “Networking sangatlah penting untuk menjaga sustainability, salah satu hal yang membuat KSE menjadi unik adalah adanya Paguyuban disetiap perguruan tinggi mitra KSE

Dalam dialog interaktif ini Dr. David B.W. Pandie, MS mengungkapkan bahwa “beasiswa KSE ini beda dengan beasiswa lain, KSE membentuk kepedulian para beswan untuk peduli terhadap lingkungan”. Beliau mengapresiasi kegiatan- kegiatan Paguyuban KSE, selain itu juga menyampaikan UNDANA sangat terbuka untuk perluasan program kerjasama dengan KSE, UNDANA sudah mempunyai database online yang lengkap atas semua mahasiswanya.

Beberapa peserta tatap muka terlihat aktif mengajukan pertanyaan kepada narasumber, salah atu penerima beasiswa KSE UNDANA Andini Nurillah bertanya adakah program beasiswa selain kerjasama dengan KSE yang diberikan langsung?” nara sumber pun menjawab, selain dengan KSE, BNI juga memberikan beasiswa melalui kantor- kantor cabang,meberikan pelatihan- pelatihan. Dan salah satu program beasiswa yang sudah terorganisir dengan baik adalah program kerjasama dengan KSE, tutur beliau.

Acara pun dilanjutkan dengan penyerahan sibolisasi dan cidera mata dari Donatur dan tamu undangan serta KSE dan Paguyuban KSE Undana. Mengakhiri acara, peserta menyanyikan lagu mars KSE dan yel- yel yang baru saja terbentuk pada acara UNDANA Leadership Camp ini. Harapan kedepannya adalah para donatur, KSE dan penerima beasiswa dapat berkontribusi positif untuk kemajuan Indonesia terutama Indonesia wilayah timur.

Hari terakhir Leadership Camp peserta mempresentasikan program kerja paguyuban beserta usulan Technologi For Indonesia serta Social Entrepreneur. Seperti pada latihan sebelumnya beserta PDP, peserta sangat antusias mempresentasikan program- program mereka. Presentasi ini sekaligus melatih atau sarana simulasi bagi rekan- rekan KSE UNDANA untuk menghadapi TFI dan SEC Camp yuang akan diadakan pada bulan Februari mendatang. Acara pun ditutup dengan persembahan video dari KSE UDANA yang sangat mengharukan dan foto bersama. Dengan berakhirnya acara ini diharapkan peserta dapat menularkan ilmunya kepada orang- orang dekat disekitar.

 KSE Semangatku, Inspirasiku, Harapanku.

 

GALERI FOTO :

{gallery}Photos/2014-11 Undana Leadership Camp{/gallery}

Read 1728 times