Indofood Leadership Camp IV & V Batch 7 : "Blusukan Bermanfaat untuk Masyarakat Kertasari"

Rate this item
(0 votes)

60 (enam puluh) mahasiswa Indofood Leadership Camp IV batch 7 yang terpilih dari rangkaian pelatihan dan seleksi Indofood Leadership Camp I, II dan III ditantang kembali untuk terjun kemasyarakat. Setelah sebelumnya melakukan Positif Fighter dan Social Activity di Masyarakat Cibodas, Jawabarat pada Pelatihan Indofood Leadership Camp II Batch 6 tanggal 05-09 April 2015, kali ini mahasiswa terpilih tersebut melakukan aktifitas pelatihan, social actifity dan belajar mengenai Budaya kerja dan Budaya Perusahaan di Perkebunan Teh Kertasarie Estate PT London Sumatra Tbk. Pangalengan - Jawa Barat pada tanggal 5-10 Oktober 2015.

Sebelum melakukan aktifitas pelatihan dan social actifity di  Perkebunan Teh, Pada tanggal 5 Oktober 2015 para mahasiswa berkesempatan untuk melakukan Factory Visit di PT Indofood CBP Divisi Nutrision and Special Food di Padalarang - Jawa Barat dan PT Indofood CBP Divisi Noodle. Pengalaman yang sangat berharga rekan-rekan mahasiswa BISMA tersebut dapat menimba ilmu langsung mengenai Budaya Kerja dan Perusahaan dari Pabrik dan Kantor yang memproduksi berbagai produk spesial dari PT Indofood seperti Indomie dan Pasta-pasta dari Indofood, SUN, Promina, Provita dan lainnya. Bahkan, mereka pun 
diberi kesempatan untuk diskusi dan tanya-jawab untuk dapat lebih mengenal bagaimana proses produksi dan segi managerial di perusahaan tersebut.

Kegiatan berlanjut di Perkebunan Teh Kertasarie Estate - PT London Sumatera Tbk, Pangalengan - Jawa Barat dengan diawali pembukaan Indofood Leadership Camp yang ditandai dengan pemakaian tanda pengenal peserta. Para peserta pun dibekali dengan materi-materi mengenai Agri Bisnis secara umum dan lingkungan perkebunan dan Pabrik Teh Kertasarie Estate PT London Sumatera oleh Fachrizal Pane selaku Manager Kebun Kertasaire Estate. Materi ini sebagai pengetahuan awal dan tolak ukur para peserta untuk melakukan kegiatan kontributif kepada masyarakat sebelum terjun langsung ke masyarakat sekitar agar kegiatan yang para mahasiswa rancang dapat tepat sasaran dan bermanfaat.

Rasanya kurang mantap apabila para mahasiswa BISMA ini hanya diberikan materi saja, tentunya materi lapangan pun dipersiapkan untuk rekan-rekan mahasiswa BISMA ini bisa lebih memantapkan pengetahuannya mengenai Dunia Agribisnis, Perkebunan dan Pabrik Teh. Para mahasiswa didampingi oleh para Staff yang dikomandani oleh Fadly Gunawan dan Bentar (Assistant Manager Kertasarie Estate) untuk menggali pengetahuan langsung dilapangan melihat proses pembibitan sampai pemetikan teh di kebun Teh. Tidak hanya itu, para siswa diajak juga untuk melihat proses produksi pengolahan teh di Pabrik.

Selanjutnya 3 hari adalah poin penting bagi para mahasiswa untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang kontributif bagi masyarakat sekitar. Para Mahsiswa BISMA dituntut untuk membuat project sosial yang kontributif kepada masyarakat sekitar, dengan melakukan survey dan diskusi dengan beberapa tokoh masyarakat, Karang Taruna dan Ibu-ibu PKK di Kertasarie Estate ini, para mahasiswa langsung melakukan FGD menentukan Program kerja sosial yang akan laksanakan.

Sebagai calon pemimpin yang peduli dengan masyarakat, para Mahasiswa BISMA ini bertekad untuk melakukan 3 kegiatan aplikatif dibidang Pendidikan, Kesehatan, dan Pemberdayaan Masyakarakat. Untuk lebih memaksimalkan kegiatan, Mahasiswa BISMA pun membagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan Bidang Aplikatifnya. Berikut Program Aplikatif yang dilaksanakan oleh peserta BISMA tersebut :

  1. Program Pendidikan
    1. Rumah Baca BISMA (Lanjutan BISMA Batch 6)
    2. Dream Borad Project
    3. Dream List Project
  2. Program Kesehatan
    1. Penyuluhan Tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.
    2. Praktek Gosok Gigi dan Cuci Tangan yang baik dan benar.
    3. Edukasi Reproduksi Wanita, Internet dan Permalahan Remaja
    4. Minum Susu dan Edukasi Makanan-Minuman Sehat Bergizi
  3. Program Teknologi dan Pemberdayaan Lingkungan
    1. Water Treatment (Penjernihan Air)
    2. Teknologi Irigasi Air Warga
    3. Briket (Lanjutan BISMA Batch 6)
    4. Pengelolaan Lele dan Hidroponik
    5. Kreatifitas Warga : Pengolahan Sampah Organik & Non Organik

Kegiatan tersebut berlangsung dengan dukungan penuh dari warga sekitar, dengan melibatkan komunitas-komunitas yang ada dimasyarakat Kertasari ini, diharapkan dapat menjadi kegiatan yang berkelanjutan dan mandiri seterusnya.

Kegiatan pun berlanjut dengan Materi Sharing Pengalaman Dunia Kerja oleh Eri Pramono (General Manager Human Resources Indofood) serta 1 hari Full Tim Soul of Speaking yang dipunggawai oleh Bang Rani Badri menjelaskan mengenai kekuatan hati dan jiwa serta membungkus rekan-rekan BISMA dengan semangat memasuki dunia Kerja.

Tidak ketinggalan pula Satriadi Indarmawan (Ketua Dewan Pengawas Yayasan Karya Salemba Empat) memberikan materi Sharing & Interactive kepada mahasiswa sebagai motivasi dan penyemangat untuk melakukan kegiatan yang berguna dan kontributif kepada masyarakat.

Kegiatan-kegiatan Implementasi Social Activity para Mahasiswa BISMA pun ditutup dengan peresmian dan serah terima dengan Warga oleh Deni Puspahadi (Head of CSR Manager Indofood), Dwi Setyo I. (CSR Manager Indofood), didampingi juga oleh Satriadi Indarmawan (Ketua Dewan Pengawas KSE), Ami Tantri (Wakil Ketua KSE), Hengky Poerwowidagdo (Chief Operating Officer KSE) dan Helmi Setiawan (PR Manager KSE).  

"Sukses bagi Mahasiswa-mahasiswa BISMA, Calon Pemimpin Masa Depan...."

Read 968 times