Indofood Leadership Camp IV Batch 8 : “Belajar Budaya Kerja dan Kontribusi ke Masyarakat” Featured

Rate this item
(0 votes)

60 (enam puluh) mahasiswa Indofood Leadership Camp IV batch 8 yang terpilih dari rangkaian pelatihan dan seleksi Indofood Leadership Camp I, II dan III ditantang kembali untuk terjun kemasyarakat. Setelah sebelumnya mendapatkan pemahaman mengenai Praktik Persiapan Dunia Kerja pada Pelatihan Indofood Leadership Camp III Batch kemarin, kali ini mahasiswa terpilih tersebut melakukan aktifitas pelatihan, social actifity dan belajar mengenai Budaya kerja dan Budaya Perusahaan di Perkebunan Sawit Kayanagan Estate PT Salim Ivomas Pratama Tbk (Indofood Group). Rokan Hilir - Riau pada tanggal 2-7 Oktober 2016.

Kegiatan ini diawali di Kantor Indoagri Pekanbaru dengan pembukaan Indofood Leadership Camp yang ditandai dengan pemakaian tanda pengenal peserta dihadiri Oleh Bpk. Harto - Goverment Relations Manager SIMP Pekanbaru, Endri Jajang - HR Manager Indo Agri Pekanbaru, Deni Puspahadi - Head of CSR Corp. Communication Indofood, Dwi Setyo Irianingsih - CSR Manager Corp Communication Indofood, Hengky Poerwowidagdo - Chief Operating Officer KSE dan Helmi Setiawan - GA Manager KSE. Para peserta pun dibekali dengan materi-materi mengenai Agri Bisnis secara umum dan lingkungan perkebunan dan Pabrik Kelapa Sawit . 

Ada dua materi yang disampaikan yaitu materi pertama disampaikan oleh Bapak Santobri selaku. Beliau memberikan gambaran secara umum mengenai PT Salim Ivomas Pratama dan bagaimana keadaan perkebunan kelapa sawit. Selanjutnya materi dilanjutkan oleh Bapak M. Kohan selaku perwakilan dari . Beliau menyampaikan materi mengenai Benih Unggul yang ada di Perkebunan Kelapa Sawit PT Salim Ivomas Pratama (SIMP).

Materi ini sebagai pengetahuan awal dan tolak ukur para peserta untuk melakukan kegiatan kontributif kepada masyarakat sebelum terjun langsung ke masyarakat sekitar agar kegiatan yang para mahasiswa rancang dapat tepat sasaran dan bermanfaat.

Melalui Perjalanan 6 jam dari Pekanbaru, materi pertama di Kayangan Estate - Rokan Hilir adalah materi Overview 2016 PT SIMP dan Subs yang disampaikan oleh Bapak Anang Wahyu Wibowo selaku Areal Manajer Agronomi (AMA II) PT SIMP. Beliau mengawali materi dengan menjelaskan gamabaran umum kebun kelapa sawit yang ada dibawah pimpinannya.

Rasanya kurang mantap apabila para mahasiswa BISMA ini hanya diberikan materi saja, tentunya materi lapangan pun dipersiapkan untuk rekan-rekan mahasiswa BISMA ini bisa lebih memantapkan pengetahuannya mengenai Dunia Agribisnis, Perkebunan dan Pabrik Kelapa Sawit. Para mahasiswa didampingi oleh para Staff Kayangan Estate yang dikomandani oleh Bpk. Rahmat untuk menggali pengetahuan langsung dilapangan melihat proses pembibitan sampai pemetikan teh di kebun Teh. Tidak hanya itu, para siswa diajak juga untuk melihat proses produksi pengolahan teh di Pabrik.

Pengalaman yang sangat berharga rekan-rekan mahasiswa BISMA tersebut dapat menimba ilmu langsung mengenai Budaya Kerja, Perkebunan Sawit serta Pabrik dan Kantor yang memproduksi berbagai minyak kelapa sawit (SPO). Bahkan, mereka pun diberi kesempatan untuk diskusi dan tanya-jawab untuk dapat lebih mengenal bagaimana proses produksi dan segi managerial di perusahaan tersebut.

Selanjutnya 2 hari adalah poin penting bagi para mahasiswa untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang kontributif bagi masyarakat sekitar. Para Mahsiswa BISMA dituntut untuk membuat project sosial yang kontributif kepada masyarakat sekitar, dengan melakukan survey dan diskusi dengan beberapa tokoh masyarakat, Karang Taruna dan Ibu-ibu PKK di Kayangan Estate ini, para mahasiswa langsung melakukan FGD menentukan Program kerja sosial yang akan laksanakan.

Sebagai calon pemimpin yang peduli dengan masyarakat, para Mahasiswa BISMA ini bertekad untuk melakukan 4 kegiatan aplikatif dibidang Pendidikan, Kesehatan, Teknologi dan Kewirausahaan. Untuk lebih memaksimalkan kegiatan, Mahasiswa BISMA pun membagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan Bidang Aplikatifnya. Berikut Program Aplikatif yang dilaksanakan oleh peserta BISMA tersebut :

  1. Divisi Pendidikan yang melakukan programnya disebar ke SD, SMP, SMA untuk membagikan dream book dan memberikan motivasi serta membuat English Corner di Sentra Membaca Rumah Pintar
  2. Divisi Entrepreneur melakukan programnya dengan memberikan pelatihan membuat kantung teh dan masker ramah lingkungan di Sentra Kriya Rumah Pintar dan memilih Ambassador Kayangan Estate.  
  3. Divisi Kesehatan melakukan programnya dengan memberikan sosialisasi gizi seimbang di UKS SD dan Posyandu serta penanaman TOGA (Tanaman Obat Keluarga). 
  4. Divisi Teknologi yang melakukan programnnya dengan membuat Mesin Briket dan Water Treatment

Kegiatan tersebut berlangsung dengan dukungan penuh dari warga sekitar, dengan melibatkan komunitas-komunitas yang ada dimasyarakat Kertasari ini, diharapkan dapat menjadi kegiatan yang berkelanjutan dan mandiri seterusnya.

Di malam terakhir pelatihan ILC IV ini ditutup dengan malam keakraban  bersama para pejabat PT SIMP dan masyarakat kayangan estate. Yang dihadiri oleh COO, AMA, AME PT SIMP - Kayangan Estate serta seluruh jajaran Staff. Dimulai dengan persembahan dari para peserta ILC IV BISMA Batch 8, dilanjutkan dengan sambutan dari Helmi Setiawan – GA Manager Yayasan Karya Salemba Empat, Anang Wahyu Wibowo selaku Areal Manajer Agronomi (AMA II) PT SIMP, dan Alifya Ihya - Senat BISMA Batch 8. Selanjutnya pemberian Sertifikat, dan kegiatan menyenangkan lainnya hingga penutupan secara resmi oleh Tim Kayangan Estate dan KSE

Read 466 times