The Ambassador Leadership BPJS Ketenagakerjaan Camp 1 Batch 3 Featured

Rate this item
(0 votes)

 

The Ambassador Leadership BPJS Ketenagakerjaan

Camp 1 Batch 3

Jangan tanyakan apa yang telah negara berikan kepadamu..

tapi tanyakan apa yang telah kau berikan kepada Bangsamu..

menuju Baktimu Jiwa dan Ragamu..

Demi Bumi Persada Kita.. Bumi Persada!!

1bpjsbatch3

 

 

Kumandang Lagu Mars Ambassador – Mantapkan Hatimu yang menunjukkan tekad, semangat dan kemauan kuat para mahasiswa yang berasal dari 30 Perguruan Tinggi Negeri di seluruh Indonesia untuk dapat mengembangkan dan menggali potensi yang ada pada diri setiap mahasiswa untuk menjadi pemimpin (leader) yang tangguh dan bermanfaat bagi masyarakat untuk membawa Negara ini ke masa kejayaan di masa yang akan datang.

 

Bermula sejak tanggal 18 hingga 25 Oktober 2016, sebanyak 248 mahasiswa dipertemukan di GDW Business Accommodation, Sentul, Jawa Barat, Indonesia. Program yang mempertemukan mereka ini bernama “The Ambassador Leadership BPJS Ketenagakerjaan Camp I Batch 3.” Program ini sangatlah dibutuhkan oleh mahasiswa dalam mengasah berbagai kemampuan yang ada dalam diri mereka, yang terkadang belum disadari oleh mahasiswa itu sendiri, seperti kemampuan berkomunikasi, presentasi, hingga manajemen diri sendiri untuk meningkatkan potensi yang ada dalam diri mahasiswa. Program ini turt didukung oleh 13 perusahaan Management Investasi diantaranya adalah:

 

Kemampuan yang terpendam dari para mahasiswa inilah yang dilihat peluangnya oleh Yayasan Karya Semba Empat (KSE), BPJS Ketenagakerjaan dan Manajemen Investasi hingga adanya kerjasama untuk mengadakan kegiatan yang membangkitkan kreativitas mahasiswa di seluruh Indonesia. Program yang bergengsi ini melibatkan Pelatih dari Akademi Militer Magelang dan Tim People Develop People (PDP) dalam aktivitas sehari-harinya sehingga kegiatan yang berlangsung selama 8 hari ini memberikan hasil yang padat dan optimal. Adaptasi mahasiswa sebagai peserta dalam program ini terbilang cukup pesat, karena mereka mampu beradaptasi dalam waktu yang singkat dengan disiplin waktu yang diterapkan sehingga peserta dapat memahami bahwa waktu adalah sesuatu yang sangat berharga. Selain disiplin, pada kegiatan ini diselenggarakan serangkaian materi melalui pihak KSE, Akademi Militer, People Develop People, BPJS Ketenagakerjaan, dan Manajemen Investasi untuk merangsang pola pikir peserta agar bisa beradaptasi dengan perubahan dunia dewasa ini. Adapun para fasilitator dan nara sumber pada kegiatan ini adalah:

      1. Pelatih Akademi Militer, Magelang:

 

  • Mayor Kav Heru Suhartono
  • Kapten Inf Edy Pangrengkuh
  • Serma Mustofa
  • Sertu Puguh

      2. Yayasan Karya Salemba Empat:

 

  • Satriadi Indarmawan
  • Tatan A. Taufik
  • Ami Tantri
  • Sujarwo Silas

      3. People Develop People:

 

  • Hari Subagya
  • Cahyana Puthut Wijanarka
  • Guguh Unggul Satriadi
  • Kukuh Wama

     4. Trainer Ivandeva Irwantoro

     5. 65 Trainer Alumni Penerima Beasiswa KSE

     6. BPJS Ketenagakerjaan:

 

  • Woro Ariyandini – Pjs. Kepala urusan Pengkajian Aktuaria
  • Indrajid Nurmukti – Kaur. Komunikasi Internal
  • Suwilwan Rachmat – Kaur. Hubungan Antar Lembaga
  • Wahyu Widodo – Penata Senior Akun Kepesertaan
  • Anggri Rachman – Penata Madya Komunikasi Pemasaran
  • Chairun Nisa – Penata Utama Analisa dan Strategi Perluasan Kepesertaan

 

Kegiatan The Ambassador Leadership BPJS Ketenagakerjaan Camp I Batch 3 ini diresmikan pada hari Rabu 19 Oktober 2016 di Aula GDW Business Accommodation, Sentul, Jawa Barat oleh Bapak Sabarudin selaku Kepala Divisi Perluasan Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

 

Di hari pertama, peserta dilatih jiwa kepemimpinan dan kebersamaannya melalui konsep miniatur Indonesia dengan pembagian kelompok ke dalam tiga provinsi besar, yakni Sulawesi Utara, Maluku Utara, dan Papua Barat. Setelah terpilihnya gubernur dari masing-masing provinsi, kelompok dipecah menjadi enam kabupaten, dengan komposisi dua kabupaten setiap provinsinya. Konsep miniatur Indonesia ini membawa nilai Bhineka Tunggal Ika, sebagai wujud dari persatuan mahasiswa dari seluruh Indonesia, tanpa melihat perbedaan asal daerah mereka. Di hari pertama ini juga disampaikan tata tertib yang harus dipatuhi oleh peserta pelatihan selama mengikuti pelatihan The Ambassador Leadership BPJS Ketenagakerjaan Camp I Batch 3 ini. Selain itu, peserta juga dikenalkan dengan konsep cermin, yakni masing-masing peserta harus memiliki pasangan selama kegiatan camp ini berlangsung guna melatih kebersamaan dalam segala hal yang mereka lakukan. Adapun pemilihan presiden diadakan di hari ketujuh agar karakter kepemimpinannya bisa terlilhat terlebih dahulu selama rangkaian program sejak hari pertama.

 

Rutinitas peserta pelatihan setiap harinya dimulai dengan Ibadah dan Olah Raga, kemudian Apel Pagi, dilanjutkan Pembentukan Sikap & Karakter, dan di setiap malam harinya sebelum mengakhiri aktivitas dilakukan apel malam dan evaluasi yang difasilitasi oleh Officer dan Akademi Militer. Selanjutnya banyak sekali materi yang didapat oleh peserta pelatihan seperti Nasionalisme & Cinta Tanah Air, Pertahanan Negara, Darma Bakti Untuk Negara, dan Pentingnya Kedisiplinan agar nantinya dapat Membangun jiwa kepemimpinan yang mampu menentukan sikap dan cara pandang yang benar, Sikap mental positif dibangun dengan perilaku yang taat aturan dan berdisiplin tinggi dalam kondisi apapun. Kemudian peserta juga mendapatkan materi mengenai Mentalitas Dasar - Perubahan Perilaku Menuju Keefektifan & Kesuksesan, Leadership Building, Integrating Life Potential, The Meaning of Life, Menjadi Yang Terbaik, Character Building, Amati Alami Asah, Sosialisasi Sistem Beasiswa KSE, Leadership Communication, Sharing Networking Developing, Effective Communication & Presentation Skill. Untuk materi mengenai BPJS Ketenagakerjaan, peserta pelatihan mendapatkan materi mengenaiProgram dan Manfaat BPJS Ketenagakerjaan, Company Profile, Hubungan Kelembagaan, Marketing Komunikasi dan Channel Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan.

 

Setelah mendapatkan berbagai materi yang sangat menunjang para mahasiswa sebagai Ambassador BPJS Ketenagakerjaan, di penghujung waktu kegiatan para peserta dibagi kembali menjadi ke dalam region – region sesuai universitasnya masing-masing guna menyiapkan strategi sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan di wilayahnya masing-masing selepas kegiatan ini berlangsung dalam Focus Group Discussion, “The Ambassador Innovation.” Pada malam terakhir pelatihan ini dilaksanakan Presentasi dan pemilihan Project Plan Terbaik & Penutupan (Simbolisasi & Penyerahan Sertifikat Ambassador oleh BPJS Ketenagakerjaan) (Tim PDP, KSE dan BPJS Ketenagakerjaan, Para Ambassador BPJS Ketenagakerjaan Batch 3 ini sangat bertekad untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat di Lokasi Kampung Profesi dan mengadakan kegiatan penunjang lainnya seperti Gerakan Pungut Sampah secara Nasional, Cek Kesehatan Gratis dan kegiatan menarik lainnya yang akan diadakan oleh Ambassador bekerjasama dengan kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan di masing-masing daerah di seluruh Indonesia.

Galeri Foto : http://karyasalemba4.org/info-news/galeri-foto-beasiswa/331-galeri-foto-bpjs-camp1-batch3.html


 

 

Read 456 times