Notice
  • Simple Image Gallery Notice: Joomla!'s /cache folder is not writable. Please correct this folder's permissions, clear your site's cache and retry.

Gerakan Pungut Sampah Paguyuban Penerima Beasiswa KSE Featured

Rate this item
(0 votes)

"Sesuatu yang Besar dimulai dengan Hal yang Kecil" 

GPS 4

Mungkin banyak orang berkata ini adalah gerakan Kecil, tapi janganlah percaya begitu saja...Percayalah dengan "sesuatu yang besar dimulai dengan hal yang kecil".

Itulah ungkapan semangat para Paguyuban Penerima beasiswa KSE setiap melakukan kegiatan Student Social Responsibillity... dimana suatu kegiatan positif bersifat sosial yang dilakukan oleh para penerima beasiswa KSE untuk masyarakat. Kegiatan-kegiatannya mungkin tidaklah sebesar Gaungnya "Indonesia Mengajar" atau program-program sosial yang dikenal masyarakat lainnya, akan tetapi manfaat serta tujuan tentunya sama... sama-sama ingin berbakti pada nusa dan bangsa melalui kegiatan sosial.

"Tidak Perlu Iklan dan Publikasi besar-besaran untuk KSE menjadi Besar, TAPI KSE butuh Penerima Beasiswa dan Alumni yang HEBAT untuk Membesarkan KSE"


Berbagai kegiatan pun banyak dilakukan oleh para Paguyuban KSE ini, dari mulai Pendidikan, Kesehatan, Pemberdayaan sampai Bina Desa. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah kegiatan "Gerakan Pungut Sampah" dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan. Kegiatan ini merupakan aksi peduli penerima beasiswa terhadap lingkungan, Selain itu kesehatan dan kebugaran jasmani pun tak luput menjadi tujuan dari aksi ini.

Kegiatan dilakukan dengan Jalan Santai (Jogging) sembari memungut sampah di sepanjang jalan yang di lalui. Harapannya, Gerakan ini menjadi suatu pandangan baik masyarakat terhadap aktifitas-aktifitas Penerima Beasiswa KSE, dan juga para pemimpin masa depan ini menjadi sauri tauladan masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan disekitarnya.

"Di pagi yang cerah ini, kami beaswan KSE di IPB telah melakukan Gerakan Pungut Sampah di lingkungan IPB, khususnya di sekitar gedung Graha Widya Wisuda, Taman Gladiator dan menyisir sepanjang jalan di depan Gladiator. Tim kami berjumlah 32 orang dibagi menjadi empat tim dan diamanatkan menyisir lokasi yang telah ditentukan. Masing masing tim dibekali dengan trash bag. Acara ini dimulai pukul 08.00WIB dimulai dengan doa bersama dan pembagian kelompok.. " Ungkap Intan Maria Paramita (Pengurus Paguyuban KSE IPB) pada saat Gerakan Pungut Sampah memperingati hari Pahlawan kemarin.

"Pada hari ini, Minggu, 26 Oktober 2014 merupakan pertemuan pertama dari kegiatan Gerakan Pungut Sampah (GPS) versi Paguyuban KSE UNPAD. Kegiatan ini akan dilaksanakan minimal satu kali dalam sebulan. Konsep utama dari kegiatan ini adalah olahraga pagi bersama sambil memungut sampah di sekitar kampus UNPAD, adapun peserta dari kegiatan ini adalah seluruh penerima beasiswa KSE UNPAD serta beberapa sukarelawan dari teman-teman kampus yang lain. Selain melaksanakan kegiatan sosial ini, diadakannya kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi guna mempererat tali kekeluargaan antara penerima beasiswa KSE UNPAD. Pada kegiatan dipertemuan pertama ini kami menjalankan GPS di lingkungan Kampus Universitas Padjadjaran Jatinangor dan berhasil mengumpulkan kurang lebih 10 kantong sampah ukuran besar (beberapa dokumentasi kegiatan dapat dilihat pada twitter resmi Paguyuban KSE UNPAD http://www.twitter.com/KSEunpad). Sampah-sampah yang kami kumpulkan, kami pisahkan sesuai jenisnya, untuk sampah berupa botol plastik dan beberapa sampah yang dapat dijual akan kami jual dan hasil penjualan sampah tersebut akan kami pergunakan sebagai dana tambahan dalam kegiatan BAKTI SOSIAL yang akan kami laksanakan di akhir kepengurusan Paguyuban KSE UNPAD tahun depan. Selain itu, dokumentasi dari kegiatan GPS hari ini, akan kami ikut sertakan dalam lomba Technoliving 2014 yang bertema #instagreencompetition "Tunjukkan Aksi Lingkunganmu"" Ungkap Fannisa Putri selaku Menteri Sosial Paguyuban KSE UNPAD dalam emailnya

Gerakan Pungut Sampah ini dilakukan oleh beberapa Paguyuban Penerima Beasiswa KSE  diantaranya; Paguyuban KSE UNAND (Padang), UNJ (Jakarta), UNDIP (Semarang), UNPAD (Bandung), UNUD (Bali) dan IPB (Bogor). Mudah-mudahan gerakan ini menjadi gerakan yang positif menjadi dorongan positif dan semangat bagi warga sekitar untuk mencintai lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya.

Salam SharingNetworking and Developing...

 

GALERI FOTO :

{gallery}Photos/2014-10 Gerakan Pungut Sampah Paguyuban{/gallery}

Read 1013 times