Kegiatan "Children Care" oleh Paguyuban KSE UNPAD Featured

Rate this item
(0 votes)

4692466 orig

Children Care

Sabtu, 14 Maret 2015 telah dilaksanakan salah satu program Departemen Pendidikan Paguyuban KSE UNPAD yaitu Children Care. Kami menetapkan target dan sasaran dari program ini yaitu siswa siswi SD Negeri Neglasari, Jatinangor khususnya kelas 3, 4 dan 5.


 

Klik Disini untuk lebih lengkapnya 

Children Care ini dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan setiap sabtunya dan telah dimulai sejak 14 Maret 2015. Untuk pertemuan pertama yaitu yang baru saja kami laksanakan, kami mengusung tema Kesehatan. Dengan tema ini tentu saja kami menetapkan konten-konten mengenai kesehatan seperti:

 

  1. Pemaparan materi mengenai vitamin, sumber energi, 4 sehat 5 sempurna, jajanan sehat, sumber protein dan olahraga dalam bentuk presentasi di masing-masing kelas yang disampaikan selama 15 menit. Pemaparan materi ini juga diselingi dengan pertanyaan-pertanyaan untuk memicu keaktifan siswa sekaligus mengkonfirmasi apakah materi yang disampaikan sudah diterima dengan baik atau tidak.
  2. Pemaparan cara cuci tangan dan pola hidup sehat dan bersih dalam bentuk video dan lagu. Cara ini diharapkan dapat mempermudah siswa untuk memahami dan menghafal cara-cara tersebut dan memicu ketertarikan siswa dalam menerapkan PHBS di kehidupan sehari-harinya karena mudah diingat dalam bentuk nyanyian dan gerakan.
  3. Pelaksanaan program TFI yaitu KUSAGI(Kuartet Sadar Gizi) dari IPB. Permainan kartu Kusagi ini dilakukan di masing-masing kelas yang dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil supaya setiap siswa memiliki kesempatan untuk memainkan permainan ini. Siswa terlihat begitu antusias ketika memainkan kartu Kusagi ini karena siswa bisa belajar sambil bermain.

 

 
Setelah semua konten tersampaikan, di akhir acara kami mencoba untuk mengajak beberapa siswa yang mau me-review apa yang mereka dapatkan pada hari itu dan alangkah senangnya kami bahwa adik-adik ini menangkap apa yang kami sampaikan dan dapat menjelaskan kembali dengan sangat baik. Dan juga kartu KUSAGI yang tadi dimainkan, kami berikan ke masing-masing kelas supaya mereka dapat memainkannya pada saat waktu luang. Selain itu juga kami memberikan susu kepada siswa-siswa yang aktif selama acara berlangsung.
 
Sekian pemaparan yang bisa saya sampaikan dan semoga Children Care pertemuan ke 2 sampai terakhir bisa semakin baik dan memberikan manfaat yang baik untuk adik-adik di SD Negeri Neglasari. Kami juga berterimakasih kepada teman-teman KSE IPB yang telah membuat KUSAGI ini sehingga kami bisa menerapkannya di Jatinangor.
I care, you care, we care, Children Care!
Salam suKSEs! Keep sharing, networking, developing.

 

 

Read 1060 times