Paguyuban KSE Alumni

Rate this item
(1 Vote)

 

Paguyuban Alumni Karya Salemba Empat (KSE) adalah mereka para penerima beasiswa Yayasan Karya Salemba Empat yang telah lulus menyelesaikan jenjang studi perkuliahannya di universitas/institut. Semakin bertambahnya Alumni KSE yang lulus setiaptahunnya menjadi perhatian tersendiri akan perlunya ajang untuk tetap menjalin silaturrahmi kepada sesama Alumni KSE. Maka beberapa Alumni KSE dengan dorongan dari Pengurus Yayasan Karya Salemba Empat bersama-sama mendirikan organisasi Paguyuban Alumni Karya Salemba Empat.

 

Mungkin dikarenakan latar belakang penerima beasiswa KSE dan mungkin juga dikarenakan semangat dan napas KSE yang bersifat kekeluargaan yang menyebabkan sampai kapanpun para penerima bahkan setelah mereka tidak mendapatkan beasiswa lagi dikarenakan lulus atau lebih jauh lagi sudah bekerja dan berumahtangga tetap menyertakan KSE dalam bagian kehidupannya.

 

Ikatan emosional yang kuat dengan KSE adalah dasar pondasi para alumni penerima beasiswa membentuk komunitas tersendiri yang dinamakan “Paguyuban Alumni KSE“.Paguyuban yang didirikan pada tanggal 30 April 2011 di Jalan Mendawai I No 19 Jakarta Selatan 13120 (kantor lama Yayasan Karya Salemba Empat) oleh beberapa founder alumni KSE ini, merupakan organisasi independen berasaskan semangat Sharing, Networking and Developing yang memiliki tujuan untuk menjadi mitra Yayasan KSE dalam mendukung tercapainya tujuan Yayasan KSE dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

 

Secara umum, visi, misi maupun kegiatan-kegiatan Paguyuban Alumni KSE adalah sebagai berikut:

 

Visi :

 

Meneruskan cita-cita KSE dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

 

Misi Jangka Panjang :

 

1. Mewujudkan mimpi memberikan donasi kepada 10.000 mahasiswa Indonesia.

 

2. Terus berkontribusi positif pada kemajuan masyarakat baik melalui program individu alumni maupun secara berkelompok.

 

Misi Jangka Pendek:

 

1. Menjaring donasi dari setiap alumni KSE dengan target memberikan tunjangan beasiswa kepada  mahasiswa  asal Universitas Negeri Jakarta.

 

2. Meneruskan program-program sharing positif seperti career coaching, training, dsb.

 

 

Terlepas dari kegiatan organisasi paguyuban, beberapa alumni secara independen juga  aktif dalam beberapa kegiatan sosial khususnya dalam hal pemberian bantuan dana beasiswa kepada kalangan masyarakat/mahasiswa yang dipandang kurang mampu, semisal:

 

  1. ArdhiFajruka

 

Menjalankan kegiatan yang diberinama “Gerakan Rp. 100.000 dari GajiBulanan”. Kegiatan tersebut dijalankan bersama rekan-rekannya dengan tujuan untuk memberikan beasiswa sekaligus pembinaan terhadap  siswa kelas 6 SD. Beasiswanya meliputi pemberian dana untuk bimbingan belajar murid, pembelian baju seragam, pembekalan, dan biaya masuk SMP.

 

  1. Herman Siregar

 

Herman Siregar bersama rekan-rekan satu angkatan menjalankan program beasiswa yang diberinama “InspirasiMuda”. Program tersebut memberikan fasilitas tunjangan beasiswa sekaligus juga   pelatihan softskill terhadap penerima beasiswa yang merupakan mahasiswa-mahasiswa IPB.

 

  1. Suududdin

 

Aktif terlibat bersama rekan-rekannya Alumni ITS memberikan tunjangan beasiswa  kepada murid-murid tingkat Sekolah Dasar yang berlatar belakang yatim piatu di daerah Jawa Timur.

 

  1. Ardhila Chadarisman

 

Bersama beberapa rekan-rekannya memberikan fasilitas donasi beasiswa kepada beberapa mahasiswa Fakultas Teknik Industri  ITS untuk meringankan biaya pendidikan.

 

  1. Ahmad Sudarsono

 

Ahmad Sudarsono yang mengaku banyak mendapat inspirasi dan relasi melalui  netwrok yang dibangun oleh Yayasan Karya Salemba Empat (KSE) baik dari para donatur maupun mahasiswa penerimanya, berhasil membentuk perusahaan olahan ikan bernama Iwakku Corporation dan meluas cakupan pemasaran Nasional. Bersama dengan perusahaan dan rekan-rekannya, ia mendirikan suatu Lembaga Foundation dengan nama Yayasan Bina Insan Mulia (BISMA) di bidang Social & Education dikhususkan bagi masyarakat pesisir pantai/nelayan.

 

  1. Anton Prasojo

 

Bersama istrinya pada tahun 2011 membentuk Yayasan Taman Karunia. Dengan visi menjadi Gerakan Amal Kolektif demi tercapainya kesejahteraan bangsa. Berbagai program utama dilaksanakan, diantaranya: Karunia Scholarship (Beasiswa untuk Yatim Piatu), Karunia Berdikari (Pelatihan Wirausaha), Karunia School (Sekolah Gratis). Sasaran kelompok binaan hingga saat ini, antara lain :

 

  1. Pendidikan Keterampilan dan pelatihan kewirausahaan bagi ABK  (Anak  Berkebutuhan  Khusus) di Panti Asuhan Bina Siwi KabupatenBantul, Yogyakarta.
  2. Pendidikan formal dan keagamaan ;

 

  • Panti Asuhan Mafaza di Kota Yogyakarta.
  • Panti Himmatu di Kabupaten Bantul, dimana merupakan adik-adik binaan mulai dari TK hingga SMA yang menjadi korban Gempa Jogja 2006.
  • Panti Asuhan Darunnajah di Kabupaten Sleman Yogyakarta, merupakan panti asuhan putri yang fokus terhadap pendikan formal sekolah menengah atas dan pendidikan keagamaan.

 

  1. Karunia Scholarship for College, merupakan bentuk dukungan  kepada mahasiwa yang kurang mampudi Fakultas Kehutanan UGM semester 3 berasal dari Aceh, Kebumen dan Boyolali.

 

Testimonial Paguyuban KSE Alumni :

"Beasiswa Yayasan Karya Salemba Empat memiliki manfaat yang sangat luar biasa. Tidak hanya memberikan beasiswa namun juga memberikan pelatihan-pelatihan softskill yang mendorong mahasiswa penerima beasiswa untuk menjadi jauh lebih baik, aktif dan berkontribusi tidak hanya pada komunitasnya masing-masing tetapi pada masyarakat luas... Kami Bangga dan Bersyukur telah Menjadi Bagian dalam Roda Perbaikan Bangsa Indonesia Melalui Karya Salemba Empat. Salam Sharing, Networking & Developing"Ungkap Inayyatullah Selaku Pembina Paguyuban KSE Almuni.

 

 

Read 5561 times Last modified on Wednesday, 19 November 2014 04:45