Bimbingan Belajar / Rumah Belajar / Rumah Pintar Paguyuban KSE

Rate this item
(0 votes)

 

Bimbingan Belajar/Rumah Belajar/Rumah Pintar Paguyuban KSE ini merupakan salah satu kegiatan sosial non profit dari Paguyuban KSE. Rumah edukatif ini pada dasarnya sama dengan rumah belajar pada umumnya. Dalam rumah edukatif ini, program yang akan dilaksanakan adalah belajar bersama mulai dari tingkat anak-anak, SD sampai SMA yang kurang mampu. Belajar yang kami fokuskan adalah belajar untuk mengembangkan aspek afektif dan psikomotorik pada siswa.

Kegiatannya pun rutin dilaksanakan dan beragam program di masing-masing paguyuban dari mulai persiapan Ujian Sekolah, Ujian Nasional bahkan persiapan Masuk ke Perguruan tinggi semisal persiapan, try out atau bimbingan Belajar.


Tidak sampai hanya bimbingan belajar saja, para paguyuban juga memberikan kegiatan Non Akademik “Karena Cerdas Saja Tidak Cukup”, rangkaian agenda non-academic Rumah Ganesha menitikberatkan pada proses belajar edutainment dan Pelatihan Softskill untuk mengembangkan diri agar hardskill dan softskill bisa selaras. Kegiatan ini merupakan pembelajaran dengan suasana yang menyenangkan dan dikemas dengan variatif, menarik, dinamis, dan kreatif sehingga tidak membosankan dengan model pembelajaran Indoor maupun Outdoor. Selain itu, khusus untuk para anak didik yang berhasil masuk ke Perguruan Tinggi Mitra Yayasan Karya Salemba Empat, Paguyuban merekomendasikan para siswa untuk langsung mendapatkan beasiswa, bahkan diluar mitra KSE pun, paguyuban ikut membantu merekomendasikan beasiswa.

 

            Berikut adalah beberapa program Bimbingan belajar yang dilakukan oleh masing-masing paguyuban KSE :

  • Rumah Pintar (RUPIN) Paguyuban KSE UI.
    • Program bimbingan belajar non profit yang ditujukan untuk siswa kelas 3 Sekolah Menengah Atas. Tujuan bimbingan belajar ini untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi Ujian Nasional maupun Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia.
  • English For Kids (EFK) Paguyuban KSE UI.
    • Program ini adalah mengajarkan anak-anak di sekitar Sekretariat Paguyuban KSE UI mengerti dan menyenangi pelajaran Bahasa Inggris dan Matematika. Kegiatan belajar diadakan didalam ruangan dan diluar kelas seperti di lingkungan kampus UI. Selain belajar, peserta didik dilatih juga berkreasi seperti menggambar, menyanyi, fashion show, dll).
  • Rumah Edukatif MADU Paguyuban KSE UNJ.
    • Rumah edukatif merupakan salah satu kegiatan dari Departemen Pengabdian Masyarakat Paguyuban KSE UNJ. Pembelajaran yang difokuskan adalah belajar untuk mengembangkan aspek afektif dan psikomotorik padaAnak usia PAUD hingga Sekolah Dasar (SD) di sekitar Kampus Universitas Negeri Jakarta. Tujuan utama kegiatan ini adalah Untuk membina anak-anak dalam proses belajarnya, agar terbentuknya sikap kemandirian, kreativitas, dan kepemimpinan , serta berakhlak baik sejak dini.
  • Rumah Sahabat (Rusa) Paguyuban KSE IPB.
    • Program murni diprakarsai para penerima beasiswa KSE yang tergabung dalam Paguyuban KSE IPB sebagai bentuk kontribusi lebih baik bagi perkembangan Sumber Daya Manusia anak-anak masyarakat sekitar lingkungan kampus IPB. Target kegiatan adalah anak-anak panti asukan, kurang mampu, putus sekolah, dan penjual asongan.
  • Kampoeng Belajar (Kabel) Paguyuban KSE USU.
    • Program bimbingan belajar non profit yang ditujukan untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sederajat yang duduk di kelas XII diseputar wilayah kampus USU. Tujuan bimbingan belajar ini untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi Ujian Nasional maupun Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia.
  • Rumah Anak Cerdas (RACER) Paguyuban KSE UNAND.
    • Program bimbingan belajar non profit yang ditujukan untuk siswa Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Atas /Sederajat.. Tujuan bimbingan belajar ini untuk mempersiapkan siswa menjadi yang terbaik di sekolah baik secara akademik maupun spiritual. Sedangan tujuan jangka pendek adalah mempersiapkan anak-anak untuk menghadapi Ujian Nasional.
  • Rumah Jatinangor (RUJAK) Paguyuban KSE UNPAD.
    • Program bimbingan belajar non profit yang ditujukan untuk siswa kelas 3 Sekolah Menengah Atas di sekitar Jatinangor. Tujuan bimbingan belajar ini untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi Ujian Nasional maupun Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia.
  • Rumah Ganesha Paguyuban KSE ITB.
    • Program ini berupa pelaksanaan pengajaran kepada siswa Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Atas yang meliputi pelajaran akademik, pengetahuan agama serta pelatihan soft skill. Tujuan bimbingan belajar ini untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi Ujian Nasional maupun Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia.
  • Rumah Bedjo Paguyuban KSE UGM.
    • Merupakan Program bimbingan anak-anak Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Atas yang dilakukan oleh penerima beasiswa KSE UGM yang bertujuan untuk membentuk pribadi bangsa yang cerdas, berjiwa kepemimpinan dan berbudi pekerti luhur. Kegiatannya antara lain bimbingan belajar, belajar menanam, belajar memasak, membuat prakarya.
  • Saung Pintar (SAPI) Paguyuban KSE UNDIP.
    • Merupakan Programbimbingan anak-anak kelas 6 Sekolah Dasar Negeri (SDN) 02 Sumberboto - Semarang dalam rangka menghadapi persiapan Ujian Nasional. Program ini bertujuan untuk menumbuhkan pengetahuan, semangat, dan motivasi peserta ajar dalam mempersiapkan Ujian Nasional (UN).
  • SIAPKAN Paguyuban KSE UNDIP.
    • merupakan program kerja yang bergelut dalam kegiatan belajar mengajar. Sasaran kegiatan ini adalah siswa SMA unutk dapat meningkatkan kemampuan calon murid SIAPKAN dalam memahami mata pelajaran yang akan di ujikan pada Ujian Nasional dan Ujian Saringan Masuk Perguruan Tinggi Negri. Jadwal mengajar SIAPKAN setiap Sabtu.
  • Sahabat Berbagi Paguyuban KSE ITS.
    • Program yang bertujuan untuk menumbuhkan jiwa sosial dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar bagi seluruh penerima beasiswa KSE ITS serta membantu generasi muda dan anak-anak untuk semangat belajar. Kegiatannya antara lain; bimbingan belajar untuk siswa sekolah dasar dan sekolah menengah pertama, bimbingan masuk perguruan tinggi negeri untuk siswa kelas 3 sekolah menengah atas, sosial medical check-up, social party, dan education outbond.
  • Komunitas Sosial Paguyuban KSE UNUD.
    • Bekerjasama dengan komunitas sosial di Bali dalam berbagai kegiatan, salah satunya adalah memberantas buta huruf yang ternyata masih ada di Pulau Dewata.
  • Taman Belajar (TABEL) Paguyuban KSE UNDANA.
    • Salah satu kegiatan oleh Paguyuban KSE UNDANA berupa pembinaan anak-anak jalanan di kota Kupang yang dinamakan dengan TABEL (Taman Belajar), berikut kegiatan TABEL yang sudah dilakukan :
  • Kegiatan TABEL 1 di lingkungan Loper Koran di Perempatan Jln. Eltari, Kegiatan ini dilakukan bersama anak-anak loper koran yang rata-rata adalah anak-anak sekolah. Kegiatan yang dimulai dengan Sosialisasi terhadap anak-anak tersebut dengan memberikan mereka pengarahan tentang pentingnya belajar, yang kemudian dilanjutkan dengan melakukan kreatifitas sederhana yang memacu minat belajar mereka. Rombongan belajar ini terdiri dari pelajar SD-SMA yang berjumlah 25 orang.
  • Kegiatan TABEL 2 tepatnya di Panti Asuhan  Syalom di Desa Belo, Kegiatan dibagi kedalam beberapa kelompok berdasarkan tingkat pendidikan, yaitu PAUD (1 Kelas), SD (3 Kelas), SMP (1 kelas) dan SMA (1 Kelas). Kegiatan belajar ini sangat menyenangkan karena anak-anak tersebut sangat aktif dan bersemangat dalam menerima materi yang sudah diajarkan.
  • Kegiatan TABEL 3 tepatnya di lingkungan Pemulung anak-anak kota Kupang, Kegiatan dimulai dengan mendatangi 2 tempat dimana anak-anak Pemulung sering berkumpul yaitu di sekitaran Kali Dendeng dan Koenino. Rombongan belajar yang terdiri dari 40 orang dari Paud – SMA diharapkan dapat menumbuhkan dan membawa perubahan bagi NTT termasuk kota Kupang. Karena semuanya dimulai dengan membenahi hal-hal terkecil.
  • Hunian Pintar Anak Kalimantan Paguyuban KSE UNMUL.
    • merupakan kegiatan bimbingan belajar untuk membantu adik-adik tingkat sekolah dasar disekitar kampus untuk mengerjakan pekerjaan rumah dari sekolah. Berkerja sama dengan sekolah SDN 034 Samarinda, bimbingan belajar ini dilaksanakan bagi anak-anak yang memilki keterlambatan belajar (rekomendasi dari sekolah) sebagai persiapan bagi mereka dalam menghadapi ulangan semeter.
  • Program Jomblo Sampai Lulus (JOSS) Paguyuban KSE UNMUL
    • Program Joss (Jomblo Sampai Lulus), merupakan kegiatan dan materi sosialisasi mengenai :
  1. JOSs (Jomblo Sampai Lulus) ; Membahas makna jomblo serta keuntungannya dan Membahas makna pertemanan dari pada pacaran.
  2. Idola; Membahas Fenomena idola anak sekarang dan Membahas cara-cara positif mengatasi rasa suka kepada idola.
  3. Mempelajari seksualitas pada anak sekolah; Membahas fakta dan fenomena perilaku saat ini, Membahas antisipasi kejahatan dan pelecehan seksual dengan memahami fungsi organ, Membahas risiko terkait seks beresiko dan Membahas peran keluarga, dan teman sejenis untuk terbuka.
  4. Pengembangkan diri; Membahas makna memilih jomblo sampai lulus dan Membahas keutamaan orang yang berilmu.
  • Bina Anak Jalanan Paguyuban KSE UNSRAT.
    • Salah satu kegiatan oleh Paguyuban KSE UNSRAT berupa pembinaan anak-anak jalanan di kota Manado. Kegiatan yang dimulai dengan Sosialisasi terhadap anak-anak tersebut dengan memberikan mereka pengarahan tentang pentingnya belajar, yang kemudian dilanjutkan dengan melakukan kreatifitas sederhana yang memacu minat belajar mereka.

 

 

Read 1168 times