Pelatihan Kepemimpinan

Rate this item
(1 Vote)

Program ini bertujuan untuk menciptakan pemimpin-pemimpin masa depan yang memiliki karakter kuat dibidangnya. Dengan program ini diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang memiliki integritas, berwawasan kebangsaan, cinta pada tanah air, nusa dan bangsa. Mahasiswa terpilih akan mengikuti pelatihan yang berkesinambungan dan berjenjang dengan metode pengajaran yang seimbang antara teori dan praktik. Dengan sistem berjenjang (mahasiswa berhak mengikuti pelatihan lanjutan dengan syarat lolos seleksi) diharapkan dapat menciptakan semangat berkompetisi diantara mahasiswa.

TAHAP PELATIHAN
Tahap I “EXPECTATION" Pelatihan yang ditujukan untuk mengenali dasar-dasar jiwa kepemimpinan. Materi pelatihan menyangkut;

  1. Work Ethic yang berisi tentang; cara untuk mengenali dan mengukuhkan kekuatan diri. Professionalism yang berisi tentang bagaimana mengenalkan cara-cara untuk mempromosikan kekuatan diri.
  2. Networking yang berisi tentang; cara menggalang kebersamaan, keakraban dan kekompakan antar sesama peserta.

Tahap II ”EXPLORATION” Pelatihan yang ditujukan untuk menggali potensi kepemimpinan. Materi pelatihan menyangkut;

  1. Personal Exploration yang berisi tentang; penggalian potensi diri sebagai pemimpin dan memberdayakan diri sebagai sumber motivasi.
  2. Time Management yang berisi tentang; pelatihan kedisiplinan melalui kegiatan dengan jadwal yang ketat dan waktu pelaksanaan yang terbatas.
  3. Patriotism yang berisi tentang; cara-cara untuk membangun rasa cinta dan peduli pada masa depan bangsa.

Tahap III “EXPERIENCE” Pelatihan yang ditujukan untuk mengambil pembelajaran dari setiap permasalahan. Materi pelatihan menyangkut;

  1. Diversity Awareness yang berisi tentang; cara-cara menghilangkan pembatasan pikiran dan ketakutan akan kegagalan dengan dukungan lingkungan sekitar, dan membangun motivasi untuk keluar dari daerah nyaman menuju daerah yang lebih memiliki potensi.
  2. Critical Thinking yang berisi tentang; cara-cara melatih berpikir kreatif, tepat dalam menganalisa masalah, cepat dalam pengambilan keputusan, dan memiliki mentalitas dan pola pikir yang efektif.
  3. Group Dinamic and Communication yang berisi tentang; cara-cara pemecahan masalah melalui identifikasi permasalahan, penggalian ide dan perencanaan pemecahan masalah dalam sebuah kelompok.
  4. Project Planning and Action yang berisi tentang penerapan identifikasi dan pemecahan masalah di lapangan (masyarakat sekitar).

 

TAHAP IV “EXAMPLE” Pelatihan yang ditujukan untuk mempelajari aspek-aspek dalam budaya organisasi. Materi pelatihan menyangkut;

  1. Advance Development yang berisi tentang; cara-cara pendelegasian tugas, melakukan monitoring, dan evaluasi, dan berkomunikasi di dalam organisasi.
  2. Apprentice yang berisi tentang pembekalan hal-hal yang perlu dipersiapkan memasuki dunia kerja seperti; pembuatan CV, menghadapi wawancara, dan etika profesional.

 

Tahap V “EXPERTISE” Pelatihan yang ditujukan untuk menerapkan pengetahuan dan pengalaman di dalam pekerjaan. Materi pelatihan menyangkut Job Training yang berisi tentang pembekalan dunia kerja melalui kerja praktik dan magang.

Jenis Program Kepemimpinan

 

Read 12052 times